MER-C

28 Maret 2009

Kurma

Beberapa bulan yang lalu seorang tetangga telpun dan cerita bahwa sudah dua kali berkunjung ke rumah tetapi tidak ada orang. Lalu ia bercerita bahwa sekarang ia sedang mencoba buka usaha yaitu menjadi agen penjualan jus kurma dan menawari saya kalau memerlukan jus kurma tersebut. Saya langsung membeli satu , ya pertama karena tetangga saya ini begitu baik dengan saya dan keluarga disamping saya dan keluarga memang pernah merasakan manfaatnya jus kurma. Waktu itu suami sakit demam (tubuhnya panas tinggi), lalu saya beri minum jus kurma karena waktu itu saya khawatir suami kena DBD dan saya ingat seorang saudara saya yang berprofesi sebagai perawat yang sudah senior menganjurkan untuk minum jus kurma kalau terserang DBD, karena kurma dapat dengan cepat meningkatkan trombosit darah, maka saya ikuti saja saran saudara saya itu. Alhamdulillah suami berangsur membaik kesehatannya.
Ternyata dari beberapa buku yang saya baca, saya mendapatkan hadist-hadist yang shahih yang menganjurkan untuk mengkonsumsi kurma. Dan hadist-hadist itu artinya adalah sebagai brikut :
1. Dari Sa'ad bin Abi Waqqash ra, Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa di pagi hari makan tujuh buah kurma 'Ajwah(kurma Nabi saw), maka dia tidak akan terkena racun atau sihir." (HR Al Bukhari dan Muslim)
2. "Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa memakan tujuh buah kurma dari daerah yang terletak antara dua tanah bebatuan hitam (Madinah) pada pagi hari, mka dia tidak akan dicelakakan oleh racun sampai sore hari."(HR Muslim)
Syaih bin Baaz pun berpendapat bahwa hal itu juga diharapkan berlaku bagi orang yang memakan tujuh kurma selain kurma Madinah secara mutlak.
3. Dari abu Hurairah ra, Nabi saw bersabda, "Sebaik-baik makanan sahur seorang mukmin adalah kurma."(HR Abu Dawud dan Ibnu Hibban)
4. Dari Anas ra, ia berkata, "Rasulullah saw berbuka dengan beberapa butir kurma basah (ruthab) sebelum mengerjakan shalat. Jika tidak ada ruthab, beliau berbuka denan kurma. Jika tidak ada juga beliau meneguk beberapa teguk air."(Hadist hasan, HR Abu Dawud dan At Tarmidzi)
5. Aisyah ra berkata, "Dahulu, biasanya bayi yang baru dilahirkan dibawa kepada Nabi agar diberkati (didoakan untuk kebaikannya) dan ditahnik ( melekatkan kurma atau lainnya yang telah dikunyah oleh orang dewasa pada langit-langit mulut bayi). Sehingga Nabi pernah dikencingi oleh seorang bayi, namun beliau hanya meminta air untuk dibasuhkan di tempat kencingnya bayi tadi."(HR Muslim)

Dan dalam Al Qur'an juga disebutkan bahwa Allah memerintahkan Maryam pada saat akan melahirkan Nabi Isa as untuk makan kurma, seperti yang tercantum dalam surah Maryam ayat 25 -26 yang artinya :
"Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon-pohon itu akan mengguyurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu."

Dalam brosur yang diberikan tetangga kepada saya tercantum bahwa kandungan nilai nutrisi kurma dalam 100 gram adalah sebagai berikut :
Karbohidrat 75 gr, Fiber 2,4 gr, Protein 2,35 gr,Lemak 0,43 gr, Vitamin A 90 IU, Vitamin B1 93 mg, Vitamin B2 144 mg, Vitamin C 6,1 mg, Asam nikonat 2,2 mg, Asam folic 5,4 mikrogr,Mineral kalium 52 mg, Magnesium 50 mg, Tembaga 50 mg, Sulfur 14,7 mg, Besi 1,2 mg, Zink 1,2 mg, Fosfor 63 mg, Energi 323/100gr

Sedangkan khasiat kurma yang tertulis dalam brosur adalah sebagai berikut :
1. Kurma mengandung zat penguat rahi, sehingga mengkonsumsi kurma pada bulan-bulan akhir kehamilan dapat membantu proses kelahiran
2. Membantu meminimalkan pendarahan setelah melahirkan
3. Sumber energi utama untuk ibu hamil. Menstimulasi keluarnya ASI dan meningkatkan kualitas ASI
4. Mengatasi trombosit dalam darah dan mengatasi DBD
5. Mengobati anemia, lesu dan letih
6. Menambah berat badan anak
7. Meningkatkan vitalitas
8. Memperlancar saluran kencing
9. Mencegah tubuh dari bakteri dan kanker
10. Memelihara kerabunan
11. Mensatbilkan kejiwaan anak dan lansia
12. Memperlambat penuaan tubuh
13. Menyehatkan kulit
14. Membantu pertumbuhan tulang
15. Cocok untuk diet
16. Mengatasi wasir dan rheumatik

Saya dan keluargapun akhirnya suka mengkonsumsi kurma atau sari kurma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Math of The Day


Widgets and Templates

Bermain Sudoku.... Siapa Takut..?

Belanja...? Klik saja...