MER-C

10 Juli 2009

Manfaat Menulis

Hampir dua bulan aku tidak menulis di blogku. Entah karena terlalu banyak membaca berita seputar pilpres, tugas-tugas dari sekolah, urusan sekolah anak-anakku atau karena memang lagi malas menulis. Penyebab yang disebut terakhir inilah mungkin yang benar. Selama hampir dua bulan ini memang rasa-rasanya aku tidak bisa menuangkan kata-kata dalam halaman blogku. Rasanya sih ingin sekali menulis, tapi mau menulis apa tidak tahu. Buntu pikiranku untuk menuangkan kata-kata rasanya.

Pagi tadi aku melihat buku bacaan anak sulungku yang berjudul "Daripada Bete Nulis Aja", karya Caryn Mirriam Goldberg, Ph.D, yang dia dapat sebagai hadiah lomba menulis resensi buku di SMP nya dulu. Aku buka-buka dan aku baca sekilas beberapa halaman. Ada hal menarik yang aku dapatkan yaitu pada bab "Mengapa Menulis?",yang berisi ulasan tentang 12 manfaat menulis. Ini memberiku semangat untuk menulis lagi. Tadi aku mencoba menulis lagi. Oh ternyata aku bisa menyelesaikan tulisanku. Aku senang sekali. Aku berteriak kegirangan, sampai-sampai anakku Safa bertanya, "Ada apa sih Mama?". " Lihat Nak, Mama bisa menulis lagi", jawabku. "Oh , Safa kira ada apa, kok Mama teriak kegirangan". Aku tersenyum.

Dalam buku tersebut pada bab I yang berjudul "Mengapa menulis", dapat kita temukan dua belas manfaat dari menulis menurut penulis, yaitu :
1. Menulis membantu kita menemukan siapa diri kita
2. Menulis dapat membantu kita percaya diri dan meningkatkan kebanggaan
3. Saat menulis, kita mendengar pendapat unik kita sendiri
4. Menulis menunjukkan apa yang dapat kita berikan pada dunia
5. Dengan menulis, kita dapat mencari jawaban terhadappertanyaan dan menemukan                 pertanyaan baru untuk ditanyakan
6. Menulis meningkatkan kreativitas
7. Kita dapat berbagi dengan orang lain melalui kegitan menulis
8. Menulis memberi kita tempat untuk melampiaskan amarah/ketakutan, kesedihan dan perasaan menyakitkan lainnya.
9. Kita dapat membantu menyembuhkan diri dengan menulis
10. Menulis memberi kita kesenangan dan cara mengungkapkannya.
11. Menulis membuat kita lebih hidup
12. Kita dapat menemukan impian kita melalui menulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Math of The Day


Widgets and Templates

Bermain Sudoku.... Siapa Takut..?

Belanja...? Klik saja...