18 Maret 2009

Surah dan Ayat dari Al Qur'an yang Bisa Mengusir Setan

Dari buku "Berobat dengan Alqur'an dan As Sunnah" yang ditulis oleh Abdul Majid Bin Abdul AziznAz Zahim dan Abdullah bin Abdul Aziz Al Aidanyang diterjemahkan olehWafi Marzuqi Ammar, Lc. dan Nurul Mukhlisin, Lc., M.Ag., dapat kita baca bahwa sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw ada beberapa surah dan ayat dalam Al Qur'an yang dapat dipakai sebagai doa pengusir setan.
A. Surah-surah untuk doa pengusir setan
1. Surah Al Fatihah
Berdasarkan hadist yang artinya :
Dari Kharijah bin Ash Shalt dari pamannya ia brkata, saya dulu datang menemui Rasulullah saw untuk masuk Islam. Setelah itu saya kembali ke kampung halaman saya . Di tengah perjalanan, saya bertemu sekelompok kaum, yang diantara mereka terdapat orang gila sedang dibelenggu dengan besi. Kerabat orang gila itu berkata kepada saya, "Kami telah diberitahu bahwa temanmu (Maksudnya adalah Rasulullah saw) ini telah banyak membawa kebaikan. Apakah anda memiliki sesuatu darinya untuk mengobati saudara kami yang gila ini?"Maka sapun merukyahnya dengan fatihatul kitab (Maksudnya adalah surah Al fatihah) dan sembuhlah ia dari penyakit gilanya. Kemudian mereka menghadiahi aku seekor
kambing. Saya langsung menemui Rasulullah saw dan menceritakan kisah yang baru saja terjadi. Beliau bertanya , "Apakah hanya ini (membaca Al Fatihah)?". Dalam riwayat yang lain disebutkan , "Apakah tidak membaca kecuali (surah) ini (Al Fatihah)?". Saya menjawab "Tidak (ada yang lain)". Kalau begitu terimalah kambing itu. Sungguh! Saya telah mendapati orang yang memakan upah dari rukyah yang batil, tapi kamu memakan upah ini dai ruqyah yang benar."(HR Abu Dawud, no 3420 dan An Nasa'i no. 1032, Saikh Al Albani berkata , hadist ini shahih)
2. Surah Al Baqarah
Berdasarkan hadist yang artinya :
Rasulullah saw bersabda, "Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan (maksudnya membuat rumah sunyi dari shalat dan bacaan Al Qur'an), karena setan selalu terbirit-birit dari rumah yang di dalamnya dibaca surah Al Baqarah."(HR Muslim 6/68 dan At Tirmidzi 5/153)
3. Surah Al Ikhlash dan Al Mu'awidzatain (Al Falaq dan An Naas)
Berdasarkan hadist yang artinya :
Dari Uqbah bin Amir ra ia berkata, "Ketika saya membawa kekang kendaraan Rasulllah saw disuatu meda perang, beliau berkata kepada saya, "Wahai Uqbah, bacalah!" Saya hanya mendengarkan saja (tanpa berkata apapun). Lalu beliau berkata lagi untuk yang ketiga kalinya. Maka sayapun balik bertanya, "Wahai rasulullah! Apa yang harus saya baca?" Beliau menjawab, Katakanlah, Qul huwallahhu ahad." Beliau membaca surah ini sampai habis, kemudian membaca, "Qul A'uudzu birabbil falaq." Saya membacanya bersama beliau melanjutkannya dengan membaca, "Qul A'uudzu birabinnaas." saya juga membacanya bersama beliau sampai selesai. Lalu beliau bersabda, "Wahai Uqbah! Tidak ada seorangpun yang memohon perlindungan kepada Allah yang menyamai ketiga surah tersebut." (HR An Nasa'i, 8/250. Syaikh Al Albani berkata hadist ini
shahih).
4. Surah Al Qur'an secara keseluruhan adalah penawar dan obat

B. Ayat-ayat Al Qur'an sebagai doa pengusir jin dan setan
1. Ayat 36, surah Fushshilat yang artinya :
" Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui. "
2. Ayat Kursi, ayat 255 surah Al Baqarah
Berdasarkan yang diriwayatkan oleh Bukhori yang artinya sebagai berikut :
Ada seorang laki-laki yang mencuri harta zakat pada bulan Ramadhan. Abu Hurairah ra yang saat itu sedang menjaga harta langsung menangkap lelaki itu. lelaki itu berkata, "Lepaskan saya! Jika anda melepaskan saya, niscaya saya ajarkan beberapa kata yang sangat berguna bagi anda." Abu Hurairah bertanya, "kata-kata apakah itu?" Lelaki itu menjawab, "Setiap hendak tidur, bacalah ayat kursi. Jika anda melakukannya niscaya anda senantiasa didampingi seorang malaikat yang menjaga dan tak ada satu setanpun yang bisa mendekati anda hingga pagi hari."Lalu Abu Hurairah melepaskannya. Keesokan harinya ia mndatangi rasulullah saw dan menceritakan peristiwa yang baru saja ia alami. Rasulullah saw bersabda, "Ketahuilah wahai Abu Hurairah! Orang itu telah berkata jujur padamu, padahal ia adalah ahli dusta. Tahukah kamu siapa lelaki yang berbicara padamu selama tiga malam ini? Abu Hurairah menjawab, "Tidak wahai Rasulullah!" Rasulullah saw menjawab. Lelaki itu adalah setan."
3. Dua ayat terakhir surah Al Baqarah, ayat 285 -ayat 286
Berdasarkan hadist yang artinya :
"Siapa saja membaca dua ayat terakhir dari surah Al baqarah niscaya Allah melindunginya dari segala gangguan".(HR Bukhari 6/323)
4. Setiap ayat dalam Al Qur'an adalah penawar dan obat

4 komentar:

  1. Salam sejahtera bagi semua umat allah,. . .q mau berbagi tips nih buat semua... Q tuh kalau tidur sering bermimpi buruk, penyebabnya macem2 . . .kemudian q di kasih saran oleh teman.. Broo loe cari aja mp3 do'a2 pengusir syetan kayak ayat-kursi al-baqarah dll.. Trus loe setel aja di hp ampe pagi, pasti loe gak bakalan mimpi buruk, gitu kata temen q.. Haha ha pas gue coba alhamdulillah mimpi'nya enak semua, hilang deh mimpi buruk gue,

    BalasHapus
  2. kalau aku nih punya pengalaman aneh.aku sering mimpi tapi setengah sadar.tapimau menggerakkan anggota tubuhku susah sekali.lalu aku membaca ayat kursi beberapa kali.akhirnya aku sadar benar.menurut agama,aku hanya mimpi belaka atau diganggu syetan ?

    BalasHapus
  3. Thanks infonya bermanfaat sekali, salam sukses,...

    BalasHapus

Math of The Day


Widgets and Templates

National Geographic POD

NASA Image of the Day

Bermain Sudoku.... Siapa Takut..?

Belanja...? Klik saja...