29 Maret 2009

Makanan dan obat alami yang menyehatkan

Dalam buku "Smart Healing, Kiat hidup Sehat Menurut Nabi saw,"tulisan dr Mohammad Ali Assegaf dan buku "Berobat dengan Al Qur'an dan As Sunah", tulisan Abdul Majid bin Abdul Aziz Az Zahim dan Abdullah bin Abdul Aziz Al Aidan dicantumkan makanan dan obat alami yang menyehatkan. Makanan dan obat-obat tersebut adalah :
1. Kurma
Khususnya kurma ajwa, mengandung gizi yang lengkap dengan unsur mineral yang paling dominan yang penting bagi kesehatan manusia. kandungan gizi kurma penting bagi petumbuhan dan pengerasan tulang, menguatkan syaraf dan meningkatkan metabolisma yaitu Magnesium dan Mangaan. Magnesium sangat dibutuhkan bagi penyerapan kalsium dan meningkatkan kekuatan tulang. Dalam Al Qur'an surah Maryam ayat 25 - 26, Allah telah memerintahkan kepada Maryam pada saat akan melahirkan yang artinya :
"Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu h\ke arahmu, niscaya pohon-pohon itu akan menggugukan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu."
2. Air Zam-zam
Ini berdasarkan hadist-hadist yang artinya :
- Dari Abu Dzar, Nabi saw bersabda"Zam-zam adalah makanan bagi orang yang meminumnya."(HR Muslim)
- Nabi saw, bersabda, "Zam-zam adalah penawar segala penyakit."(HR Al Bazzar dan Al Baihaqi)
- Rasulullah saw, bersabda."Air zam-zam fungsinya tergantung kepada orang yang meminumnya."(HR Ahmad dan Ibnu Majah)
3. Tajin Gandum (talbinah)
Rasulullah selalu menganjurkan orang sakit minum tajin ini agar memperbaiki kekuatan si sakit.
Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya talbinah itu membut nyaman hati orang yang sakit dan menghilangkan kesedihannya."(HR Bukhari)
4. Sayuran (As Silq)
Rebusan sayuran adalah minuman yang mengandung banyak vitamin dan mineral, serta chlorophyl yang belakangan juga dipakai dalam proses pengobatan
5. Mentimun
Adalah buah yang bersifa basah dan dingin, cocok dimakan bersama kurma yang bersifat panas dan kering.
6. Susu
Rasulullah bersabda, "Dan barangsiapa dikaruniai susu oleh Allah maka hendaklah ia berkata, Ya Allah berikanlah keberkahan pada makanan ini dan tambahkanlah keberkahan darinya. Karena aku tahu bahwa makanan dan minuman yang mencukupi hanyalah susu."(HR Abu Dawud)
Dianjurkan bahwa kita elalu mengkonsumsi susu murni (susu segar) dan bukan susu yang melalui pemrosesan.
7. Gandum
mempunyai sifat panas dan kering, melancarkan pencernaan dan meningkatkan stamina.
8. Jinten Hitam (Habbatussaudah)
Sesuai dengan hadist yang artinya:
"Hendaklah kamu menggunakan habbatussaudah (jinten hitam) karena sesungguhnya padanya terdapat penyembuhan bagi segala penyakit kecuali kematian."(HR Bukhari dan Muslim)
Menurut penelitian jinten hitam adalah biji-bijian yang kaya asam lemah tak jenuh, anti oksidan dan juga berbagai bioflavonid. Dalam suatu talk show yang didengar suami saya di radio dakta bahwa lebih bagus mengkonsumsi minyak habbatussaudah karena kasiat habbatussaudah itu terdapat dalam minyaknya. Atau jika mengkonsumsi yang berbentuk serbuk, dilihat dulu apakah serbuk itu masih berminyak atau tidak (kering), yang bagus adalah serbuj yang masih berminyak.
9. Madu
Ini sesuai dengan firman Allah dalam Surah An Nahl ayat 69 yang artinya :
"Dari perut lebah keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia."
Dr. Ahmad Syauqi Ibrahim, konsultan penyakit tropik dari Mesir, menyimpulkan dari hasil risetnya yang disampaikan dalam konferensi dokter ahli penyakit tropik sedunia di Kuwait, bahwa madu mengandung bahan-bahan yang bisa membunuh bakteri. Kekuatan antimikroba dari madu lebih kuat dari antibiotik yang dikenal saat ini. Masih banyak lagi penelitian yang membuktikan khasiat dari madu. Khasiat madu antara lain yaitu :
- obat alergi
- obat penyakit pencernaan
- obat penyakit hati
- obat penyakit paru-paru
- obat penyakit kulit
- antibiotik
- obat diare kronis
- merangsang granulasi sehingga mempercepat penyembuhan luka
- meningkatkan vitalitas dan energi
- mengatasi insomnia pada orang lanjut usia
10. Buah Tin dan buah Zaitun
Dalam surah Attin, ayat satu Allah berfirman yang artinya :
" Demi buah tin dan buah Zaitun."
Rasulullah saw bersabda, "Seandainya boleh kukatakan, sesungguhnya buah yang diturunkan dari surga adalah ini (buah thin), karena buah-buahan surga itu tidak berbiji. Maka makanlah kalian darinya. sesungguhnya buah thin ini dapat memotong wasir dan bermanfaat mengatasi encok."
Rasulullah saw bersabda yang artinya, "Makanlah zaitu dan minyaki rambutmu dengan minyak zaitun, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang diberkati."
Para ahli menemukan kandungan Omega 3 yang tinggi dalam minyak zaitun. Ini berarti minyak zaitun berkhasiat dalam merawat dan melindungi kerusakan jantung dan pembuluh darah. Minyak zaitun juga terbukti dapat menghaluskan dan mempunyai efek menunda penuaan kulit
11. Cuka
Rasulullah bersabda, "Sebaik-baik lauk adalah cuka." (HR Muslim)
Cuka berkhasiat sebagai anti bakteri di dalam pencernaan. dengan dicampur madu dan diminum malam hari menjelang tidur dapat untuk obat insomnia
12. Bawang merah
Dr. Heinz Router dari Jerman menjelaskan bahwa manfaat bawang merah yang paling menonjol adalah untuk pengobatan arthritis dan infeksi jantung. Bawang merah juga dapat dipakai sebagai antibiotika yang jitu untuk penyakit pencernaan dan kulit. Untuk menghilangkan baunya hendaknya dikukus sebelum dimakan.
13. Jahe
Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa air jahe adalah minuman ahli surga.
jahe dapat mengencerkan dahak, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki metabolisme sehingga jahe dapat digunakan untuk obat batuk, badan lemah atau perut kembung dan infeksi tenggorokan.
14. Kayu Siwak
Adalah alat pembersih gigi, mengharumkan bau mulut dan mencegah infeksi mulut dan gigi. Rasulullah saw setiap terbangun malam hari dan segera stekah bangun tidur selalu bersiwak..
15. Kenari
Kenari hijau menguatkan jantung, kulit kenari menghentikan diare dan muntah. Ibnu Sina mengatakan bahwa kenari dapat menetralkan racun.
16. Hulbah/Hilba/Fenugreek
Rasulullah saw bersabda, "Jika umatku yahu kandungan hulbah, mereka akan membeli dan membayarnya dengan emas."
Hilba jika diminum sebagai teh dapat melancarkan menstruasi, mengobati mulas, sebagai pencahar dan bermanfaat memperkuat jantung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Math of The Day


Widgets and Templates

National Geographic POD

NASA Image of the Day

Bermain Sudoku.... Siapa Takut..?

Belanja...? Klik saja...