31 Maret 2009

Membuang Batu Baterai Bekas Tidak Boleh Sembarangan

Green Lifestyle , suatu komunitas yang mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan selalu mengkampanyekan untuk tidak membuang batu baterai bekas sembarangan, termasuk ke dalam tong sampah.Karena batu baterai bekas termasuk sampah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya). Di dalamnya terkandung berbagai logam berat, seperti merkuri, mangan, timbal, kadmium ,nikel dan lithium yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

Batu baterai bekas yang dibuang ke TPA akan mencemari tanah, air tanah,sungai, danau dan akhirnya meracuni air yang dipakai untuk minum, mandi dan mencuci.Padahal biasanya kita membuang batu baterai bekas ke tempat sampah. kalau demikian tanpa kita sadari sampah ini akan mengancam lingkungan dan kesehatan. Air tanah yang sudah tercemar logam berat sangat berbahaya bagi kesehatan. Baterai lithium yang terkena air akan memproduksi gas hidrogen yang berpotensi meledak. Karena itu Green Lifestyle mengajak kita untuk mengumpulkan sampah batu baterai di rumah atau di kantor, lalu diberikan ke tempat pengumpulan baterai. Setelah terkumpul batu baterai bakas ini akan diserahkan pada penyedia jasa pengolahan sampah B3, yaitu WMI-Waste Management Indonsia.

Di tempat pengolahan sampah B3 ini, untuk pembuangan, sisa-sisa baterai diproses dahulu agar logam-logam berbahaya tidak mencemari lingkungan.
Sebagian besar komponen baterai akan didaur ulang, sementara komponen kadmium dan mangan akan di netralisis dan kemudian dikubur dengan mekanisma yang sudah memenuhi standar manajemen limbah agar tidak mencemari air tanah.Hal ini untuk stabilisasi radiasinya dan mengubahnya menjadi beton yang ditimbun dalam tanah.Tempat pembuangan akhir baterai bekas itu berada di daerah Cileungsi, Bogor. (Republika, Sabtu 28 Maret 2009, halaman 21)

1 komentar:

  1. saya sangat setuju dengan artikel mbak Tuti mengenai penanganan baru baterai ini. saya sedang membuat paper mengenai kampanye penanganan batu baterai bekas pakai agar tidak langsung dibuang begitu saja. saya ingin meminta referensi dari mbak Tuti sehubungan dengan website2 yang ada kaitannya dengan penanganan batu baterai bekas ini. terima ksh banyak dan saya tunggu kabar dari mbak. ini alamat email saya:
    anitazheng1989@gmail.com

    BalasHapus

Math of The Day


Widgets and Templates

National Geographic POD

NASA Image of the Day

Bermain Sudoku.... Siapa Takut..?

Belanja...? Klik saja...