27 Maret 2009

Beberapa Adab Agar Terhindar Dari Gangguan Syaitan

Saat tiba waktu maghrib orang -orang tua kita dulu biasanya akan mengajak anaknya segera masuk rumah atau cepat-cepat pergi ke masjid. Jika mempunyai anak kecil atau masih bayi begitu akan tiba waktu maghrib akan segera dibawa masuk ke rumah. Jendela dan pintu rumahpun akan segera ditutup. Jika terpaksa harus pergi keluar rumah, dilakukan setelah maghrib. Ibu-ibu kita juga selalu rajin untuk menutupi makanan dan minuman di gelas yang ada di meja dengan tudung saji dan tutup gelas. Atau begitu acara makan selesai makanan cepat-cepat dimasukkan ke dalam almari makan. Kebiasaan seperti ini ternyata sesuai dengan anjuran Rasulullah saw yang berguna untuk menghindari gangguan syaitan, seperti dalam hadist yang artinya sebagai berikut :
"Dari Jabir bin 'Abdillah ra, Rasulullah bersabda, "Apabila kegelapan malam telah tiba - atau sudah masuk waktu petang -, maka tahanlah anak-anak kalian, sesungguhnya syaitan pada saat itu sedang bertebaran. Apabila malam telah dilewati sesaat, maka lepaskan mereka, tetapi tutuplah pintu dan sebutlah nama Allah (baca : Bismillaahirrahmaanirrahiim). Sesungguhnya syaitan tidak membuka pintu yang tertutup, ikatlah gerabahmu (tempat air dari kuli) dan sebutlh Nama Allah. Tutuplah tempat makan dan minum kalian dan sebutlah Nama Allah, sekalipun dengan melintangkan (meletakkan) sesuatu di atasnya, dan padamkanlah lampu-lampu kalian."(Hr Al Bukhari dan Muslim)
(Sumber bacaan : Doa dan Wirid Mengbati Guna-guna dan Sihir Menurut Al Qur'an dan As Sunnah, tulisan Yazid bin Abdul Qadir Jawas, terbitan Pustaka Imam Syafi'i)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Math of The Day


Widgets and Templates

National Geographic POD

NASA Image of the Day

Bermain Sudoku.... Siapa Takut..?

Belanja...? Klik saja...