MER-C

16 April 2009

Romantisme ala Rasulullah Saw

Pada liburan semester ganjil yang lalu anakku Nida memberiku sebuah majalah yang dia peroleh secara gratis pada waktu mengikuti training motivasi di sekolahnya. Majalahnya bernama "Al Mujtama", edisi 01/23 Mei- 5 Juni 2008. Ada beberapa artikel majalah itu yang menarik bagiku. Salah satunya adalah tulisan dari Hepi Andi Bastoni yang disarikan dari beberapa sumber. Tulisan itu berjudul "Romantisme ala Rasulullah saw". Dan isinya sebagai berikut :
Selain memberikan keteladanan dalam beribadah, Muhammad saw mencontohkan kehidupan keluarga yang diwanai dengan nuansa yang begitu romantis, diantaranya :
1. Membantu istri naik kendaraan atau memasuki rumah.
Nabi saw pernah membantu istrinya Shafiyah binti Huyay untuk naik ke atas untanya dengan mempersilahkan Shafiyah meletakkan kakinya di atas lutut Nabi saw. (HR Bukhari No. 2235)
2. Makan sepiring berdua.
Nabi saw pernah minum di gelas yang digunakan Aisyah. Beliau juga pernah makan daging yang pernah digigit Aisyah.(HR Muslim No. 300)
3. Romantis meski istri datang bulan.
Ketika Aisyah sedang haid, Nabi saw pernah membangunkannya seraya bersabda, "Mendekatlah kepadaku, hangatkanlah diriku, hangatkanlah diriku!"Lalu Aisyah menjawab,"Saya sedang haid", Nabi saw berkata,"Walaupun engkau sedang haid, singkapkanlah kedua pahamu."Lalu Aisyah menyingkapkan kedua pahanya dan Nabi saw meletakkan pipi dan kepalanya diatas paha Aisyah hingga merasa hangat dan tertidur.(HR Bukhari no 7945)
4. Menemani istri yang sakit.
Diriwayatkan oleh Aisyah ra, nabi saw adalah orang yang penyayanglagi lembut. Beliau orang yang paling lembut dan banyak menemani istrinya yang sedang mengdu atau sakit. (HR Bukhari No 4750, HR Muslim No 2770)
5. Mencium istri sebelum pergi atau saat pulang dari bepergian.
Aisyah berkata,"Rasulullah saw menciumku, kemudian beliau pergi (ke masjid untuk) shalat tanpa memperbarui wudhunya."(HR Ibnu Majah)
6. Bercanda membangun keakraban.
Aisyah dan Saudah pernah saling melumuri muka dengan makanan. Nabi saw tertawa melihat mereka. (HR Nasai dengan isnad hasan)
7. Mandi bersama.
Aisyah pernah mandi satu bejana bersama Nabi saw (HR Nasai I/202)
8. Makan di luar rumah bersama istri sambil refreshing.
Nabi saw pernah diudang makan oleh tetangganya seorang berkebangsaan Persia. beliau tiak mau datang kecuali mengajak istrinya Aisyah (HR Muslim No. 2037)
9. Berpelukan saat tidur
Aisyah berkata, "Seringkali Nabi saw mandi janabah, kemudian mencari kehangatan diri denganku dan aku mendekap beliau sedangkan aku belum mandi janabah."(HR Tirmidzi 132)
10. Mencium istri
Nabi saw sering mencium Aisyah dan iti tidak membatalkan puasa (HR Nasai dalam Sunan Kubra II/204)
11. Ungkapan cinta, panggilan sayang
Nabi saw memanggil Aisyah dengan Humairah (yang kemerah-merahan pipinya, penyunting)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Math of The Day


Widgets and Templates

Bermain Sudoku.... Siapa Takut..?

Belanja...? Klik saja...